Jumat, 24 Januari 2014

Rekayasa SkripSweet atau SkripShit

Awal menjajaki dunia baru perkuliahan, yang awalnya tidak menarik sama sekali bukan karena memang tak menarik tetapi karena sistem yang membingungkan bagi mahasiswa baru kala itu. Membuat aku dan teman-teman seangkatan 2010 jurusan Biologi F-MIPA Universitas jember selalu berpikir ingin cepat menjalani semuwa ini dan membayangkan dalam posisi mahasiswa tahap Akhir (Program TA). Memandang kelulusan adalah segalanya sudah pasti itu yang terpikirkan. Membuat aku pribadi selalu tidak menikmati tiap kerja keras yang telah kulakukan, Namun hal itu menjadi boomerang terhadap diri sendiri saat aku menginjak semester 5 awal saat pertama kali melihat status seorang kakak tingkat yang menyesali semuwanya persis seperti yang aku lakukan, kehilangan jati diri, moment bersama teman, dan proses menjadikan kedewasaan ini tidak benar-benar dirasakan. Saat itu tulisnya "Merindukan mas-masa awal perkuliahan, Praktikum lapang bareng, gila-gilaan bareng semua hilang sunyi terdiam oleh sebuah moment yang dikatakan Skrip shiet" Sempat terbayang bukankah hal itu yang setiap orang inginkan, namun akupun sadar bahwa skripsi akan menghilangkan tawa, menghilangkan kebersamaan, menghilangkan setiap kebiasaan dimasa awal kuliah. memang Skripsi merupakan pisau bermata ganda yang memiliki dua sisi berbeda yang tiap mahasiswa pasti merasakannya berbeda-beda (nanonanorasanya). Yah, mau atau tidak siap atau tidak bersedia atau tidak semester 8 merupakan garis awal peperangan sesungguhnya berjuang untuk menunjukkan apa yang didapat dari awal perkuliahan. 
Semester 5 lalu memang aku dan beberapa teman telah memiliki ancang-ancang untuk memilih lab dan tema TA (Tugas Akhir). Dan aku memilih dengan mantab dihatiku "Laboraturium biologi Molekuler Hewan" dengan Pembimbing seorang Doctor lulusan terbaik Rostoc University (Germany) bernama Dr. rer. nat. Kartika Senjarini, dengan bimbingan dan motivasi beliau aku bersemangat untuk lebih mengasah skill labku. Finally, semester ini yah seperti siklus mahasiswa lainnya aku harus melewati moment Pembuatan Skripsi entah berakhir menjadi Skrip Shiet ataukah Skrip Sweet (haha... Pelesetan Skripsi). Kali ini aku dipercaya untuk masuk kedalam Research Project TBV (Transmission blocking Vaccine) Malaria. Penelitianku sendiri bertema tentang Deteksi titer Antibodi (IgG) yang akan direaksi silangkan dengan protein Saliva Vektor. Memang bukan penelitian yang gampang dan juga bukanlah penelitian yang susah, bisa menjadi susah jika kita terlalu meremehkan dan dapat pula menjadi gampang bila kita tekun dan bersungguh-sungguh (motivasiku ^_^). Finally.... Dengan judul yang sudah ditangan, BAB 1, BAB 2, BAB 3, BAB4 dan BAB 5 akan segera menyusul untuk disidangkan, and... Let see how is going next.... (Nobody knows, but God have a way For me)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Just Share :D